Festival Bedug Sahur Selaras dengan Program ‘Benuanta Religi’

Redaksi

BULUNGAN-TANJUNGNEWS.COM – Parade bedug sahur jilid ke 6 dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan 1445 Hijriah gelaran Persaudaraan Pemuda Kampung Arab (PPKA) yang pusat kegiatanya dilaksanakan di depan Masjid At-Taqwa Kampung Arab, diikuti 22 grup parade berlangsung meriah, Sabtu (6/4) malam.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Bulungan Syarwani,.S.Pd.M.Si hadir pula dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Bulungan Risdianto S.Pi.,M.Si serta jajaran perangkat daerah Kabupaten Bulungan.

Dalam sambutanya, bupati mengapresiasi terselenggaranya kegiatan parade bedug sahur yang dilaksanakan oleh PPKA sebagai upaya syiar Islam dan memeriahkan bulan suci Ramadan 1445 Hijriah.

“Apresiasi dan penghargaan setingginya pada teman-teman PPKA yang rutin setiap tahun menggelar kegiatan untuk memeriahkan dan mengisi kegiatan bulan suci Ramadan. Hal tersebut yang harus kita pertahankan dan terus kita hidupkan di Kabupaten Bulungan,”ungkapnnya.

Baca Juga  Buka Turnamen Mahyong, Bupati: Jadikan Perekat Kebersamaan dalam Membangun Bulungan

Menurutnya, festival bedug sahur yang merupakan bagian dari upaya syiar Islam pada momentum bulan suci Ramadan yang dilaksanakan tiap tahunya. Pada Ramadan 1445 Hijriah tahun 2024 memasuki tahun ke 6 dilaksanakanya kegiatan serupa oleh PPKA.

“Semoga dengan kegiatan seperti ini yang merupakan bagian dari syiar Islam dalam momentum Ramadan, menyebabkan turunya rahmat dan berkah dari Allah SWT bagi seluruh masyarakat Bulungan, khususnya bagi masyarakat Kampung Arab,”terangnya.

Tentu pemerintah daerah (Pemda) terus berkomitmen memberi dukungan dan perhatian terhadap setiap aktivitas positif generasi muda termasuk kegiatan festival bedug sahur.

Baca Juga  Memuliakan Orangtua Kunci Sukses dalam Karir Bupati Bulungan Syarwani

“Pada kesempatan ini, izinkan saya atas nama pemerintah daerah secara pribadi dan keluarga menghaturkan minal aidin wal-faizin mohon maaf lahir dan batin menjelang beberapa hari kedepan menyongsong tibanya 1 Syawal 1445 Hijriah,”ujarnya.

Selain itu untuk memeriahkan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri, Pemda Bulungan bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) juga akan menggelar takbir keliling kendaraan rooda empat dengan titik kumpul di Lapangan Agathis Tanjung Selor.
“Mohon kiranya kita bersama-sama berpartisipasi dan hadir sekaligus memeriahkan syiar Islam momentum takbiran 1 Syawal 1445 Hijriah,”ungkapnya.

Bupati menambahkan, berbagai kegiatan keagamaan yang digelar termasuk festival bedug sahur dan takbir keliling merupakan bagian dari program Benuanta Religy. Salah satu program prioritas Pemda Bulungan.

Kegiatan festival bedug sahur, pawai takbir salaah satu implementaasi program prioritas Pemda Bulungan, Benuanta Religi adalah program pengembangan keagamaan, khususnya sektor pendidikan non formal yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang religius, guna menciptakan SDM yang berkarakter dan berdaya saing.

Baca Juga  Energi Terbarukan, Digitalisasi dan Optimalisasi Potensi Daerah Jadi Fokus Bulungan Hingga 2025

“Saya berharap kegiatan serupa akan terus dilaksanakan pada tahun yang akan datang,”harapnya.

Dalam kegiatan festival parade bedug sahur gelaran PPKA diikuti 22 peserta, perwakilan SMK Negeri 1 TG selor, Mushola Baitul Mutaqin, Pemuda Merudung, Komunitas Putra Madura, Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim, Langgar Al Ikhlas (PMD), Irma Babussalam, PSHT, Serambi Kapur, Smansatase, Majelis Assabab dan Kawan Sehat, BM Audio Sound System, PD FKWT Bulungan, Mushola Al Aman, Ane Silur, MW JAYA, NR Audio Selimau, Masjid Al Kausar, MAN Bulungan, Kediri Motor/R3audio, Gvm, Majelis Taklim Al Mutaqin.(adv)

Bagikan

Berita Terkait