Tahun Ini Pemda Bulungan, Gelontorkan Rp 14 M Bangun Sport Centre Tanjung Palas

Redaksi

DIMULAI: Bupati Bulungan saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Sport Centre Tanjung Palas yang didalamnya terdapat stadion mini dan fasilitas olahraga lainnya.
DIMULAI: Bupati Bulungan saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Sport Centre Tanjung Palas yang didalamnya terdapat stadion mini dan fasilitas olahraga lainnya.

TANJUNG PALAS – TANJUNGNEWS.COM- Pembangunan awal Sport Centre Tanjung Palas yang nantinya menjadi pusat berbagai kegiatan olahraga masyarakat Tanjung Palas dan sekitarnya mulai dikerjakan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 14 Miliar.

Pembangunan diawali dengan kontruksi stadion mini yang dilakukan peletakan batu pertamanya oleh Bupati Bulungan Syarwani.,S.Pd.,M.Si didampingi oleh kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Bulungan serta jajaran perangkat daerah lainya.
“Hari ini dapat kita saksikan bersama pelatakan batu pertama sebagai fondasi awal kegiatan selanjutnya,”terang bupati.

Bupati menjelaskan rancanagan Sport Centre dan alun-alun Tanjung Palas secara garis besar sudah dituangkan dalam masterplan pada perancangan Detail Egineering Design (DED) tahun 2023, sebagai dasar pennyusunan DED selanjutnya.

Baca Juga  Upaya Tingkatkan Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat

“Kontruksi sport centre ini berdiri di tanah seluas 18,1 hektar yang pengadaanya dilakukan selama 3 tahun berturut dimasa kepemimpinan Bupati Bulungan Drs H Budiman Arifin tahun 2010,”terangnya.

Dari total luas lahan sport centre tersebut, sekitar 7000 meter persegi yang telah dilakukan pematangan lahan dengan melakukan penimbunan, sisanya nantinya dilakukan pematangan secara bertahap.

Secara teknis bupati menerangkan, area Sport Centre Tanjung Palas nantinya terdapat alun-alun, panggung acara, akses pejalan kaki, jogging track, kolam air mancur, lapangan sepakbola seluas 24.962 meter persegi, taman, Ruang Terbuka Hijau (RTH), tempat parkir, lapangan futsal, lapangan basket, lapa ngan voli, tenis oudor, panjat dinding, lapangan badminton indoor, lapangan takraw outdoor.

Baca Juga  Pemkab Bulungan Siapkan Rp 20 Miliar, Tuntaskan Peningkatan Jalan Tanjung Palas – Salimbatu.

“Saat ini masih fokus pada pembangunan stadion mini. Nantinya juga dilengkapi tribun dengan kapasitas 500 penonton, dengan lintasan lari, dengan pagar keliling sepanjang 580 meter dengan tinggi 3 meter, dengan konstruksi pagar, mini pile 10×10,”jelasnya.

Untuk pengerjaan tribun penonton dengan anggaran yang disiapkan melalui APBD Bulungan tahun 2024 Rp 14 Miliar, baru dalam tahap struktur, termasuk untuk fondasi, pembalokan serta kolom, serta kontruksi pancang 25×25.

Baca Juga  Operasi Keselamatan Kayan 2024, Upaya Tingkatkan Kepatuhan Berlalu Lintas Jelang Ramadan 1445 H

Pekerjaan persiapan yang mulai dikerjakan saat ini pematangan lahan, pagar keliling, lintasan lari serta pengerjaan lapangan sepak bola.

“Sehingga nantinya fisik konstruksi dari stadion akan selesai 60 persen. Mudahan di anggaran perubahan bisa dilaksanakan lagi supaya tuntas untuk tribun penontonya. Sedangkan untuk lapangan kita bisa operasionalkan 100 persen (pembangunanya) termasuk penanaman rumput, gawang serta gravel lintasan lari,”pungkasnya (dsh/red)

Bagikan

Tags

Berita Terkait