Tim Bank Dunia Kunjungi Kaltara, Potensi Rumput Laut Jadi Fokus

admin

DKP Kaltara menerima kunjungan Tim Bank Dunia di Kaltara belum lama ini.
DKP Kaltara menerima kunjungan Tim Bank Dunia di Kaltara belum lama ini.

Tanjungnews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) menerima kunjungan Tim Bank Dunia untuk melihat potensi perikanan di provinsi tersebut. Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Country Director untuk Indonesia dan Timor Leste, Satu Kahkonen, beserta tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Tim Bank Dunia disambut dengan prosesi adat di halaman Kantor Gubernur Kaltara. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltara, Rukhi Syayahdin, mengatakan bahwa Pemprov Kaltara sangat menyambut baik kunjungan Tim Bank Dunia.

Baca Juga  Permintaan Daging Babi Domestik Turun, Pemicu Deflasi China

“Kami berharap kunjungan ini dapat menjadi awal dari kerja sama yang baik antara Pemprov Kaltara dan Bank Dunia,” kata Rukhi.

Setelah diterima di Tanjung Selor, Tim Bank Dunia langsung menuju Kabupaten Nunukan. Di sana, mereka meninjau lokasi budidaya rumput laut di perairan Mamolo. Tim Bank Dunia juga berdiskusi langsung dengan perwakilan petani rumput laut di perairan Mamolo.

Baca Juga  30 Orang Fardhu Kifayah Hingga Guru Ngaji di Berangkatkan Umrah

Selain itu, Tim Bank Dunia juga mengunjungi tempat daur ulang sampah plastik (Bank Sampah) skala lokal binaan PT. Pertamina Persero dan Pemkab Nunukan. Di sana, mereka melihat bagaimana limbah plastik seperti botol bekas diubah menjadi pelampung dan kubik kayu bahan baku lantai jemur.

Rukhi mengatakan bahwa tujuan kunjungan Tim Bank Dunia adalah untuk mengetahui kondisi kegiatan budidaya rumput laut di Kaltara khususnya Nunukan. Selain itu, Tim Bank Dunia juga ingin berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah baik Pemprov maupun Pemkab untuk menjajaki kegiatan yang dapat dilaksanakan bersama dengan Bank Dunia.

Baca Juga  Sanksi Pidana Menanti Perusahaan Tak Patuh Bayar Upah Sesuai UMK

“Kami berharap kerja sama antara Pemprov Kaltara dan Bank Dunia dapat meningkatkan potensi perikanan di Kaltara, khususnya budidaya rumput laut,” kata Rukhi.

Bagikan

Berita Terkait