Memuliakan Orangtua Kunci Sukses dalam Karir Bupati Bulungan Syarwani

Redaksi

SEDERHANA: Meski perayaan ulang tahun ke 50 tahun Bupati Bulungan terliat sederhana namun makna mendalam dari doa sang ibunda dan keluarga sangat bermakna mendalam.
SEDERHANA: Meski perayaan ulang tahun ke 50 tahun Bupati Bulungan terliat sederhana namun makna mendalam dari doa sang ibunda dan keluarga sangat bermakna mendalam

TIDAK ada perayaan mewah di hari ulang tahun ke-50 tahun, Bupati Bulungan Syarwani.,S.Pd.,M.Si di rumah jabatan bupati Jalan Jelarai Raya Tanjung Selor pada Selasa (6/2/2024).

Usai mengemban tugas kegiatan di luar daerah, sesampainya dirumah jabatan bupati disambut oleh keluarga terutama istri, anak, adik dan seluruh keluarga terdekat termasuk ibunda tercinta.

Dengan kue ulang tahun sederhana tanpa disertai prosesi tiup lilin, namun kehangatan keluarga sangat terasa.

Beriring doa, terucap dari seluruh keluarga terutama ibunda tercinta atas keselamatan serta tetap komitmen dalam menjaga amanah. Serta menjadi pribadi ‘Syarwani’ yang ramah sama siapapun yang tak berubah saat hidup susah maupun sedang mengemban amanah menjadi orang nomor satu di Kabupaten Bulungan.

Si Wen (panggilan akrab Syarwani masa kecil oleh rekan-rekanya di kapung) dalam beberapa kali sambutan kegiatan formal selalu mengatakan, jika  dirinya yang tembuninya (plasenta) di tanam di Bulungan, ingin sepenuh hati membangun dan memajukan kampungnya (tanah kelahiranya) Kabupaten Bulungan menjadi lebih baik.

Dalam momen peringatan ulang tahun ke 50 tahun, Syarwani berharap menjadi pribadi yang lebih baik, dan berpesan pada seluruh masyarakat Bulungan untuk tetap menjaga persatuan dan kondusivitas menjelang Pemilu Serentak 14 Februari mendatang.

Baca Juga  Ini Dia Makna Filosofis Logo Kebun Raya Bundayati Bulungan

Insya Allah menjadi pribadi yang semakin baik, dan yang terpenting saya berpesan pada masyarakat Bulungan untuk menjaga persatuan dan kondusivitas menjelang pelaksanaan Pemilu,”ungkap pria yang memiliki hobi bermain bola kaki tersebut.

Tak lupa dirinya mengucapkan terimakasih, pada seluruh ASN di lungkungan Pemkab Bulungan, keluarga, sahabat, masyarakat Bulungan, BUMN, perusahaan serta semua yang telah memberikan doa dan ucapan di hari jadinya tersebut.

Dari pengakuan sang istri tercinta Sri Nurhandayani, sosok Syarwani merupakan seorang ayah bagi anak-anak serta suami penyabar dan penyayang keluarga. Selain itu menurutnya, sosok suaminya merupakan orang yang sangat memuliakan orangtuanya terutama ibunda tercinta.

Bahkan sesibuk apapun dirinya, tidak melewatkan waktu berpamitan dan meminta doa sang ibunda sebelum memulai aktivitas pekerjaanya. Termasuk ketika dirinya dinas di luar daerah, ketika ada panggilan dari sang ibu dirinya berusaha secepatnya pulang untuk menemui ibundanya.

Hj Sipah, ibunda pria kelahiran Tanjung Palas 5 Februari 1974 pada momen ulang tahun putranya ke 50 tahun berdoa untuk keselamatan serta tetap amanah dalam mengemban tugas dari masyarakat Bulungan dan tidak melupakan salat lima waktu.

“Yang penting keselamatan dan amanah, mudahan selalu ingat sama tuhan. Jangan sampai dia lupa (salat lima waktu), dimana –mana dia tugas, supaya setiap pekerjaanya berkah, jangan sampai lengah,”pesan Hj Sipah.

Baca Juga  Bangunan Kantor Lebih Representatif, Layanan Masyarakat Harus Lebih Bermutu

Menurutnya, dalam setiap ibadah dirinya selalu mendoakan keselamatan bagi anak-anaknya termasuk Bupati Bulungan, Syarwani.

“Saya setiap salat lima waktu tak pernah lepas doakan keselamatan termasuk seluruh keluarga,”ungkapnya.

Dirinya sebagai orangtua, tentu bangga atas capainya putranya yang sebelumnya merupakan orang susah.

Alhamdulillah, kami dulu kan orang susah, ini adalah ramat dan amanah dari tuhan yang maha kuasa, jangan sampai lengah,”pesanya.

Profil Bupati Bulungan,

Syarwani.,S.Pd.,M.Si lahir di Tanjung Palas 5 Februari 2024, pada Senin 5 Februari 2024 ayah dari Fatimah Bella Syarwani genap berusia 50 tahun.

Selain menjabat sebagai bupati, Syarwani juga menjabat sebagai ketua DPD Partai Golkar Kaltara. Sebelum menjabat bupati, dirinya sempat menduduki jabatan sebagai anggota DPRD Kaltara dari fraksi Golkar. Sebelum memenangi Pilkada Tahun 2020 berpasangan dengan Wakilnya Ingkong Ala.

Karir politik, dimulai tahun 1999 sebagai Sekretaris Pimpinan Anak Cabang (PAC) Golkar, Tanjung Palas, dan juga anggota DPRD Bulungan. Pelan tapi pasti karir politiknya semakin naik.

Tahun 2004 terpilih kembali menjadi anggota DPRD Bulungan, disaat yang sama karir di Partai Golkar juga menanjak menjadi Sekertaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Bulungan. Pada Pemilu 2009 untuk kali ketiga dirinya terpilih menjjadi anggota legeslatif di Bulungan.

Baca Juga  Pekan Olahraga Daerah, Bupati Harap Jurnalis Bulungan Boyong Medali

Selama lima tahun memimpin DPRD Bulungan, hingga pada kontestasi Pemilu 2019 dirinya mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kaltara, hanya setahun menduduki kursi anggota DPRD Kaltara.

Selanjutnya memutuskan mengundurkan diri dan maju sebagai calon Bupati Bulungan berpasangan dengan Ingkong Ala pada Pilkada 2020. Dengan didukung Partai Golkar, Hanura serta Perindo. Keluar sebagai pemenang pasangan Syarwani-Ingkong Ala yang menjabat hingga saat ini.

Riwayat pendidikan:

SD Inpres Tajung palas Hulu 1987

SMP Negeri 1 Tanjung Palas 1990

SMA Negeri Tanjung Palas 1993

S1 Universitas Mulawarman 1998

S2 Universitas Brawijaya 2003

Organisasi:

Sekretaris PAC Golkar Tanjung Palas 1999-2004

Sekretaris DPD Golkar Bulungan 2004-2009

Ketua Harian DPD Golkar Bulungan 2009-2014

Ketua DPD II Golkar Bulungan 2016-2021

Ketua DPD I Golkar Kaltara.

Karir :

Anggota DPRD Bulungan 1999-2004

Anggota DPRD Bulungan 2004-2019

Wakil Ketua DPRD Bulungan 2009-2014

Ketua DPRD Bulungan 2014-2019

Anggota DPRD Kaltara 2019-2020

Bupati Bulungan 2021- sekarang. (***)

Penulis: Dedi Suhendra, Tanjungnews.com

Bagikan

Berita Terkait