3 Rekomendasi Tempat Wisata Favorit di Bulungan

Redaksi

BERFOTO- Salah satu pengujung berfoto dengan latar belakang Tanjung Selor dari Puncak Gunung Putih.
BERFOTO- Salah satu pengujung berfoto dengan latar belakang Tanjung Selor dari Puncak Gunung Putih.

BULUNGAN- Tanjungnews.com – Saat tiba ditempat yang baru umumnya kita mencari referensi tempat makan terfavorit atau memiliki rating kunjungan cukup banyak, selain itu yang tak kalah mengusik rasa penasaran adalah tempat wisata yang paling popular ditempat tersebut.

Nah.. ketika teman-teman baru pertama menginjakkan kaki di Kabupaten Bulungan yang juga merupakan pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Ini mimin Tanjungnews.com kasih 3 tempat rekomendasi tempat wisata yang mudah di akses dari pusat Kota Tanjung Selor.

TEPIAN SUNGAI KAYAN

1.Tepian Sungai Kayan.

Disepanjang Tepian Sungai Kayan Jalan Katamso Tanjung Selor teman-teman bisa duduk bersantai di tepi sungai sambal melihat lalu lalang moda transportasi air, baik peruhu tradisional, masyarakat, speed boat antar wilayah, hingga tongkang yang memuat kayu, hingga alat berat melintas di sungai ini.

Selain itu teman-teman juga bisa kulineran, karena di sepanjang Tepian Sungai Kayan banyak berjajar pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai jenis makanan, gorengan, minuman, bakso dan lain-lain. Dijamin gak akan kelaparan deh.

Baca Juga  Inilah Sejarah Singkat dan Demografi Desa Liagu

Nah jika teman-teman membawa anak atau keluarga, tentu tempat ini lebih cocok karena disini selain tempatnya memang familiar banget, juga banyak permainan anak-anak yang bisa disewa dengan harga cukup terjangkau.

Termasuk bagi kalian hobi foto2 Tugu Cinta Damai adalah Landmark Provinsi Kaltara, tugu monumental yang di atasnya ada Patung Burung Enggang. Selain itu kalian juga bisa berfoto di monument Selamat Datang Tanjung Selor.

MUSEUM KESULTANAN BULUNGAN
MUSEUM KESULTANAN BULUNGAN

2. Museum Kesultanan Bulungan

Dalam Museum teman-teman bisa melihat replika banguanan kesultanan, arsip sejarah kesultanan, pusaka, meriam, baju adat, singasana hingga pernak pernik kesultanan. Dan biasanya setiap pengunjung didampingi dan diberi penjelasan oleh penjaga museum yang merupakan kerabat kesultanan.

Museum Kesultanan Bulungan berada tepat disebarang Tanjung Selor tepatnya di Tanjung Palas. Untuk menuju kesana teman-teman bisa melalui jalan darat, namun sedikit memakan waktu. Namun lebih mudah menggunakan transportasi air, Tambangan/ Ketinting/ Kelotok perahu tradisional yang digunakan masyarakat Bulungan untuk penyebarangan baik orang maupun kendaraan bermotor menuju Tanjung Palas maupun sebaliknya.

Baca Juga  Ini Dia Makna Filosofis Logo Kebun Raya Bundayati Bulungan

Dengan tarif Rp 10 ribu untuk kendaraan bermotor, dan Rp 5 ribu untuk satu orang penumpang sekali jalan.

Sesampainya di dermaga penyebrangan Tanjung Palas teman-teman hanya berjalan beberapa puluh meter atau bisa menggunakan jasa ojek untuk menuju Museum Kesultanan Bulungan.

3. Wisata Gunung Putih

Bagi kalian yang suka  tantangan dan menguji adrenaline kalian bisa mengunjungi Kawasan Wisata Gunung Putih yang juga berada di Tanjung Palas.

Dari Tanjung Selor kalian bisa melalui jalan darat atau menyebrang dengan menumpangi parahu tambangan. Setelah itu bisa memakai jasa ojek pangakalan hanya beberapa menit sampai di lokasi.

Digunung putih pertama masuk kalian disuguhkan dengan pemandangan gunung batu kars (gamping) yang menjulang tinggi. Untuk mencapai puncaknya kalian harus menaiki kurang lebih 100 anak tangga.

Baca Juga  Karnaval Budaya SPJ, Semangat Persatuan di Tengah Keberagaman

Selajutnya jalan terjal yang dibangun melintasi sisi kanan bagian gunung, ditempat ini kalian bisa menikmati suasana alam yang masih asri. Bahkan jika teman-teman beruntung bisa bertemu kawanan uwa-uwa yang bersuara saling bersautan dan bahkan burung enggang.

Untuk mencapai puncak memang butuh tenaga ekstra dan tidak disarankan untuk mendaki puncak gunung ini tanpa pemanasan atau orang yang sebelumnya tidak rutin berolahraga. Selain jalur yang licin dan curam, butuh beberapa menit untuk sampai di puncak gunung batu ini.

Sesampainya di puncak teman-teman bisa melihat dari atas Kota tanjung Selor maupun Tanjung Palas. Jika kalian naik pagi hari selain mendapat udara yang sejuk teman-teman juga bisa melihat matahari yang baru bersinar diselimuti kabut, tentu sangat syahdu bukan.

Dipuncak Gunung Putih teman-teman bisa berfoto dengan latar belakang Tanjung Palas dan Kota Tanjung Selor.(dsh/red)

Bagikan

Tags

Berita Terkait