Seluruh Gugatan Ditolak MK, KPU Bulungan Segera Tetapkan DPRD Terpilih

Redaksi

KPU Bulungan menyatakan MK menolak seluruh gugatan terhadap Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Kabupaten Bulungan Tahun 2024.
KPU Bulungan menyatakan MK menolak seluruh gugatan terhadap Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Kabupaten Bulungan Tahun 2024.

BULUNGAN-TANJUNGNEWS.COM– Hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh gugatan terhadap Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Kabupaten Bulungan, pada Kamis 6 Juni 2024.

Sehingga seluruh tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Kabupaten Bulungan tinggal menunggu surat dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) sebagai dasar pelaksanaan pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon DPRD terpilih Pemilu 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan Mahdi E Paokuma menyampaikan, berdasarkan putusan MK No.111-01-13-24/PHPU.DPR.DPRD-XXII/2024. MK menolak eksepsi termohon dan eksepsi pihak terkait untuk seluruhnya serta menolak dalam pokok permohonan seluruhnya.

Baca Juga  Prabowo Nyatakan Tak Gentar Hadapi Koruptor dan Kaum Munafik Antek Asing

“Hasil final dari pelaksanaan Pemilu 2024 sudah diputuskan MK permohonan pemohon ditolak seluruhnya,”ungkap Mahdi.

Setelah menerima surat turunan dari KPU-RI selanjutnya KPU Bulungan segera melaksanakan rapat pleno penetapan calon terpilih Pemilu 2024.

“Kita masih menunggu keputusan dari KPU RI. Mekenismenya MK akan bersurat ke KPU RI selanjutnya disampaikan ke KPU kabupaten/kota. Kemudian ditetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Bulungan Pemilu 2024,”terangnya.

Komisioner KPU Bulungan Devisi Hukum dan Pengawasan, Muhammad Risqi menambahkan, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 6 Tahun 2024. Jadwal putusan MK dari tanggal 6 hingga 10 Juni 2024. MK selanjutnya bersurat ke KPU-RI paling lambat 3 hari setelahnya barulah terbit surat turunan yang disampaikan ke KPU kabupaten/kota sebagai dasar penetapan hasil Pemilu Bulungan 2024.

Baca Juga  Menang Gugatan, Caleg Nasdem Kembali Masuk DCT

“Kalau kita mengacu pada putusan, kemungkinan di tanggal 10 (Juni) sudah masuk pemberitahuan KPU RI. Artinya, kita sudah bisa menentukan siapa calon terpilih di tanggal 13 atau 14. Karena kan, tiga hari setelah surat putusan diterima KPU, baru bisa penetapan. Tapi itu asumsi kita saja. Kita tetap menunggu arahan dari KPU RI,” ungkapnya.

Baca Juga  Thomas Lembong: Omong Kosong, Investor Sudah Ragu Sejak Awal Rencana IKN

“Untuk persiapan (rapat pleno penetapan) kami telah persiapkan semuanya, draf SK (Surat Keputusan) sudah kami persiapkan tinggal menunggu arahan kapan jadwal penetapan,”tambahnya.

Ditempat yang sama Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelengaraan KPU Bulungan Jumadil mengatakan, pada prinsipnya kami bersyukur sekali atas putusan MK ini, kita sudah berusaha memfasilitasi gugatan dari pemohon kita laksanakan semaksimal mungkin.

“Dari seluruh proses yang dilalui mulai dari PHPU hingga putusan MK membuktikan KPU Bulungan sudah bekerja sesuai peraturan perundang-undangan,”tuntasnya (dsh/red)

Bagikan

Tags

Berita Terkait