Lengkapi Peralatan Canggih, Bupati Minta Kualitas Pelayan RSUD Ditingkatkan

Redaksi

CANGGIH: Bupati Bulungan, Syarwani didampingi Direktur RSUD Soemarno Sosroatmojo Dr Widodo saat memeriksa progres pembangunan ruangan MOT dan fasilitas lain yang terus ditingkatkan.
CANGGIH: Bupati Bulungan, Syarwani didampingi Direktur RSUD Soemarno Sosroatmojo Dr Widodo saat memeriksa progres pembangunan ruangan MOT dan fasilitas lain yang terus ditingkatkan.

BULUNGAN- TANJUNGNEWS.COM– Bupati Bulungan, Syarwani.,S.Pd.M.Si menginspeksi langsung sejumlah fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr H Soemarno Sosroatmojo Tanjung Selor.


Dalam inspeksi itu, pria yang memiliki hobi sepakbola ini sempat melihat berbagai ruangan, termasuk rencana bangunan Paviliun Eksekutif.

Termasuk 3 ruangan Modular Operating Theathre (MOT) yang merupakan bagian penting dalam proses modernisasi penanganan operasi agar berjalan efektif dan efisien.

Selain itu nantinya RSUD Dr H Soemarno Sosroatmojo juga dilengkapi dengan 16 ruangan Paviliun Eksekutif yang terintegrasi dengan ruangan MOT.

“Alhamdulillah progress yang kita laksanakan di rumah sakit, khususnya 3 ruangan MOT sudah terpasang semua peralatanya. Tinggal support energy (dukungan kelistrikan untuk operasional) yang juga sudah dilakukan oleh direktur rumah sakit,”kata Bupati, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga  Bupati Ajak ASN dan Masyarakat Bulungan Bayar Zakat Fitrah Melaui Baznas

Bupati menerangkan, sistem MOT sering digunakan pada ruangan operasi karena bekerja secara terintegrasi dalam satu kontrol panel sehingga sistem ini dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien.

MOT di ruang operasi biasanya menggunakan komponen utama berupa pintu hermetic, sistem tata udara ruangan dan lampu ruangan yang bisa diatur dalam satu kontrol panel. Tanpa adanya sistem ini, petugas di ruangan operasi akan memiliki tugas yang lebih banyak, karena harus melakukan hal-hal tersebut secara manual.

Baca Juga  Upaya Tingkatkan Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat

Setiap pembangunan ruang MOT, tentu harus memperhatikan ketentuan dari Menteri Kesehatan RI karena segala sesuatunya memiliki standar yang harus dipenuhi.

“MOT kita juga telah memenuhi komponen utama yang dibutuhkan agar proses operasi berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan teknis. Ini adalah upaya kita untuk memodernisasi rumah sakit dan meningkatkan sarana dan prasarana pendukungnya. Harapanya pelayanan pada masyarakat terus ditingkatkan,”terangnya.

Menurutnya untuk SDM dokter hingga perawat sudah cukup memadai untuk pengoperaasian ruang operasi yang baru tersebut. Sedangkan untuk peningkatan peralatan lain, nantinya dilakukan secara dinamis mengikuti kondisi yang ada.

Baca Juga  Menang Gugatan, Caleg Nasdem Kembali Masuk DCT

Selain itu untuk pembangunan 16 ruangan Paviliun Eksekutif Pemkab Bulungan telah menyiapkan anggaran senilai Rp 16 Miliar pada 2024. Termasuk terakomodir didalamnya pembangunan masjid di area rumah sakit.

“Ruangan Paviliun Eksekutif terintegrasi dengan MOT kapasitas 16 kamar. Supaya bisa melayani pasien pasca tindakan dengan ruangan representative. Insya Allah 2024 dilaksanakan mudahan bisa tuntas sesuai target yang ada,”pungkasnya.(dsh/red)

Bagikan

Berita Terkait