Ketua KPU: KTP Luar Tanpa Surat Pindah Memilih Tak Boleh Mencoblos

Redaksi

BIMTEK: Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani saat memberikan bimbingan teknis pada KPPS di Kantor KPU Bulungan beberapa waktu lalu. Foto:Dedi Suhendra,Tanjungnews.com
BIMTEK: Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani saat memberikan bimbingan teknis pada KPPS di Kantor KPU Bulungan beberapa waktu lalu. Foto:Dedi Suhendra,Tanjungnews.com

BULUNGAN-TANJUNGNEWS.COM- Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang hanya tinggal menunggu hari, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan berpesan untuk semua petugas penyelenggara Pemilu Bulungan harus bekerja dengan adil dan jujur, sesuai dengan regulasi yang ada.

Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani usai kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kantor KPU Bulungan, beberapa waktu lalu mengatakan.

“Untuk semua petugas baik PPK (Panitian Pemilihan Kecamatan), PPS (Panitia Pemungutan Suara) maupun KPPS agar dapat bekerja dengan adil dan jujur sesuai dengan regulasi jangan sampai ada kecurangan,”tegasnya.

Baca Juga  Serahkan LKPJ Tahun 2023, Bupati: Membangun Bulungan Tanggungjawab Kolektif Kita Semua

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Bulungan untuk datang ke TPS 14 Februari 2024 mendatang, dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik serta identitas lainya, yang memenuhi syarat untuk bisa masuk ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Masyarakat harus bawa identitas, agar tidak gontok gontokan (berdebat) dengan petugas. Ketika ada KTP dari luar tapi tidak ada surat pindah memilih tentu tidak bisa mencoblos,”terangnya.

Terkait logistik Pemilu, Lili Suryani memastikan semuanya sudah terselesaikan dengan baik. Tinggal proses pendistribusian ke TPS pada H-2 dan H-1 untuk 3 kecamatan lainya.

Baca Juga  Antisipasi Lonjakan Harga saat Nataru, Tim TPID Gelar High Level Meeting

“Jadi kita sudah lakukan metigasi proses distribusinya sehingga sampai dimana dan apa yang harus dilakukan PPK dan PPS. Sudah kita sampaikan, mudahan pada hari pencoblosan semua logistik tepat waktu,”harapnya.

Untuk wilayah terjauh, KPU Bulungan telah mempersiapkan sarana transportasi yang sesuai dengan pertimbangan cepat dan efisien.

“Jika sebelumnya untuk menjangkau wilayah di Hulu Sungai Kayan kita menggunakan Longboat (perahu kayu panjang). Saat ini KPU Bulungan menggunakan speedboat supaya lebih cepat,”tegasnya.

Baca Juga  Pererat Tali Silaturahmi ISSI Bulungan Gelar Buka Bersama dan Berbagi Ratusan Paket Takjil

Menurutnya, untuk menjangkau 3 kecamatan di Hulu Sungai Kayan jika menggunakan speedboat hanya butuh waktu kurang lebih 3 jam.

“Paling lama 3 jam sudah sampai kantor kecamatan,”singkatnya.

Termasuk untuk wilayah terluar seperti Pulau Bunyu dan wilayah terluar lainya, KPU juga telah melakukan penyewaan speedboat besar agar semua logistik bisa sekali angkut.

“Kita telah metigasi dan pemetaan wilayah tersebut, sehingga meminimalisasi transportasi apa yang cocok disana. Pertimbanganya cepat dan efisien,”pungkasnya (dsh/red)

Bagikan

Tags

Berita Terkait