Upaya Tingkatkan Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat

Redaksi

RESMIKAN KANTOR BARU: Kepala Dinas Kehutanan,Provinsi Kaltara, Syarifuddin saat meresmikan Kantor Resort Pimping pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kota Tarakan, pada Jum'at (16/2/2024)
RESMIKAN KANTOR BARU: Kepala Dinas Kehutanan,Provinsi Kaltara, Syarifuddin saat meresmikan Kantor Resort Pimping pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kota Tarakan, pada Jum'at (16/2/2024)

Kadishut Kaltara Resmikan Kantor Resort Pimping

BULUNGAN-TANJUNGNEWS.COM- Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Syarifuddin, Jum’at (16/2/2024) pagi meresmikan pengoperasian gedung Kantor Resort Pimping pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kota Tarakan.

Kantor ini berada di Unit VIII Delta Kayan, tepatnya di Desa Pimping, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan.

Dalam arahannya, Syarifuddin menuturkan bahwa diresmikannya Kantor Resort Pimping pada UPTD KPH Kota Tarakan, merupakan bentuk Based Management atau unit kerja di tapak serta perpanjangan tangan dari KPH.

Baca Juga  Respon Cepat, Bupati Datangi dan Serahkan Bantuan Tanggap Bencana Kebakaran Tanjung Palas

Untuk itu, peran KPH melalui pembangunan kantor resort diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan hutan berbasis masyarakat.

“Hal penting lainnya pasca diresmikan, adalah melakukan penguatan sumber daya manusia (SDM), penguatan kapasitas dan peran serta masyarakat, pemberian akses legal dalam kawasan hutan, peningkatan sarana dan prasarana, pencegahan Karhutla, rehabilitasi hutan lahan dan pemulihan ekosistem serta penegakkan hukum,” tuturnya.

Foto Bersama: Dinas Kehutanan, jajaran UPTD KPH serta stakeholder terkait melakukan sesi foto bersama usai peresmian gedung baru.

Baca Juga  Satpol PP Terjunkan 120 Personel, Bersihkan 9.700 APK se-Tanjung Selor

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala UPTD KPH Kota Tarakan, Ridwanto Suma mengatakan bahwa dengan beroperasinya Kantor Resort Pimping, diharapkan dapat memperpendek rentang koordinasi dengan para pihak terkait di sekitar wilayah kelola.

Agar lebih maksimal dan efisien, khususnya pada Unit VIII Delta Kayan.

“Kantor ini sendiri memiliki 2 fungsi, yakni sebagai pusat koordinasi dan pengendalian pengamanan kawasan hutan dan pengawasan peredaran hasil hutan serta pengendalian kegiatan teknis pengelolaan hutan seperti rehabilitasi, pemberdayaan masyarakat dan jasa lingkungan/wisata alam,” ucapnya.

Baca Juga  270 Orang Diangkat Jadi P3K, Bupati: Jangan Ada Pengajuan Mutasi

Lebih lanjut, disebutkan, dalam menjalankan fungsinya, Kantor Resort akan dihuni oleh Pejabat Fungsional yang terdiri dari Pengendali Ekosistem Hutan, Penyuluh Kehutanan dan Polisi Kehutanan.

“Sesegera mungkin UPTD KPH Kota Tarakan akan menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) guna memberdayakan staf untuk mulai menjalankan Resort Based Management pada unit VIII Delta Kayan,” pungkasnya.(*/tim/dsh/red)

Bagikan

Tags

Berita Terkait