Diresmikan Presiden Joko Widodo, RS Abdul Rais Fatah Korem Butuh 101 Nakes

Redaksi

DIRESMIKAN: Rumah Sakit Tingkat IV Abdul Rais Fatah di area Markas Komando Resor Militer (Korem) 092/Maharajalila, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual pada, Senin (19/2/2024) Foto:HMS Korem untuk/tanjungnews.com
DIRESMIKAN: Rumah Sakit Tingkat IV Abdul Rais Fatah di area Markas Komando Resor Militer (Korem) 092/Maharajalila, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual pada, Senin (19/2/2024) Foto:HMS Korem untuk/tanjungnews.com

BULUNGAN-TANJUNGNEWS.COM- Rumah Sakit (RS) Tingkat IV Abdul Rais Fatah di area Markas Komando Resor Militer (Korem) 092/Maharajalila, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, secara resmi telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Peresmian dilakukan secara virtual pada, Senin (19/2/2024)

Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang mengungkapkan. Sebelumnya hanya ada satu rumah sakit di Ibu Kota Provinsi Kaltara yang melayani masyarakat. Yakni, Rumah Sakit Daerah (RSD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, Tanjung Selor.

“Hari ini (kemarin, Red) kita meresmikan Rumah Sakit Tingkat IV Abdul Rais Fatah Tanjung Selor,” ungkapnya.

Selain Tentara Nasional Indonesia (TNI), RS Tingkat IV Abdul Rais Fatah ini juga memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat umum.

Baca Juga  270 Orang Diangkat Jadi P3K, Bupati: Jangan Ada Pengajuan Mutasi

Khususnya di wilayah Tanjung Selor. Diharapkan, seluruh tenaga kesehatan (Nakes) bisa segara terisi. Sehingga, dapat berfungsi secara maksimal.

“Saya sudah melihat beberapa ruangan yang cukup bagus. Begitupun dengan alat kesehatan (Alkes). Semoga rumah sakit ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI Adek Candra Kurniawan menambahkan, saat ini RS Tingkat IV Abdul Rais Fatah belum bisa berfungsi secara maksimal, karena  ketersediaan Nakes masih terbatas.

“Kami sudah mengajukan ke Puskesad (Pusat Kesehatan Angkatan Darat) dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk pemenuhan dokter dan perawat,” bebernya.

Baca Juga  Jadikan Olahraga Sarana Pemersatu dan Pencegah Hal Negatif Kalangan Anak Muda

Diharapkan, akhir tahun ini nakes dapat terpenuhi. Sehingga, bisa memberikan pelayanan kesehatan yang optimal. Adapun kebutuhan Nakes sebanyak 101 orang. Saat ini, hanya ada tiga. dua dokter dan satu orang analis. 

“Kami akan bekerja sama dengan BPJS. Untuk memastikan bahwa masyarakat umum dapat memanfaatkan layanan tersebut,” ungkapnya.

Bangunan dua lantai ini dilengkapi dengan fasilitas utama seperti instalasi rawat jalan,  instalasi bersalin, empat poliklinik, dua ruang operasi, dua ruang VIP, ruang perawatan, medical check-up, laboratorium, radiologi, pemulasaran jenazah, apotik hingga musala.

Baca Juga  Seluruh Pekerjaan Harus Tuntas Sebelum Akhir Tahun 2023

“Untuk pemenuhan alat kesehatan. Kami bekerja sama dengan RS Dr. R. Hardjanto di Balikpapan. Nanti kami akan list kebutuhannya untuk selanjutnya diajukan ke Rumah Sakit  Dr. R. Hardjanto,” jelasnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltara, Usman menyakini keberadaan RS Tingkat IV Abdul Rais Fatah akan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Saya kira ada kemudahan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Dalam pemenuhan Nakes, Dinkes kaltara akan berkoordinasi dengan RSD. Begitu pun untuk Alkes. “Kita akan fasilitasi untuk pengadaan Alkes di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atau Kemenhan,” pungkasnya. (dsh/red)

Bagikan

Tags

Berita Terkait