Kegiatan TMMD ke 119, Selaras dengan 15 Program Prioritas Bulungan

Redaksi

RESMI DIBUKA: Kegiatan TMMD ke 119 secara resmi dibuka oleh Bupati Bulungan bertempat di halaman kantor bupati, Senin (19/2/2024).
RESMI DIBUKA: Kegiatan TMMD ke 119 secara resmi dibuka oleh Bupati Bulungan bertempat di halaman kantor bupati, Senin (19/2/2024).

BULUNGAN-TANJUNGNEWS.COM- Dengan mengusung tema Darma Bakti Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 119, tahun anggaran 2024 mewujudkan percepatan pembangunan di wilayah.


Merupakan bentuk kolaborasi antara Tentara Nasional Indonesia (TNI), Pemerintah Daerah (Pemda), serta masyarakat yang dapat membangkitkan dan mendorong percepatan pembangunan daerah dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, wakil bupati, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Dandim, Kapolresta, Kejari, ketua DPRD, ketua pengadilan negeri dan seluruh organisasi sosial kemasyarakatan.

Bupati Bulungan Syarwani.,S.Pd.,M.Si mengungkapkan, TMMD salah satu upaya mendukung percepatan pembangunan terutama wilayah pedesaan. Selain itu kegiatan yang dilaksanakan salah satunya masuk dalam 15 program prioritas Pemda Bulungan.

Baca Juga  Dukung Pemberantasan Korupsi yang Efektif, Pemkab Bulungan Laksanakan e-LHKPN


“Jadi salah satu kegiatan TMMD yang selaras dengan visi dan misi Kabupaten Bulungan berdaulat pangan maju dan sejahtera. Adalah pembukaan jalan usaha tani,”terangnya, Selasa (20/2).

Pelaksanaan TMMD ke 119 yang berlangsung selama satu bulan dimulai 20 Februari hingga 20 Maret 2024. Dengan rincian kegiatan, pembuatan jalan usaha tani sepanjang 1.800 meter dengan lebar 8 meter di Desa Gunung Seriang, Kecamatan Tanjung Selor.

Rehab rumah tidak layak huni, sebanyak 2 unit di Desa Gunung Seriang, pembuatan jembatan sementara 1 unit. Sedangkan kegiatan non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara.

Baca Juga  270 Orang Diangkat Jadi P3K, Bupati: Jangan Ada Pengajuan Mutasi

Penyuluhan pertanian, peternakan, kesehatan, stunting serta Posyandu. Termasuk kegiatan bhakti sosial berupa pengobatan gratis pada masyarakat.

“Atas nama Pemda Bulungan saya mengucapkan terimakasih, pada TNI melalui Dandim 0903 Bulungan. Yang hari ini hadir bersama pemerintah daerah, membuka pelaksanaan program TMMD,”ujarnya.

Hal tersebut merupakan bentuk sinergisitas, membuktikan pembangunan Bulungan tidak hanya dilakukan oleh Pemda Bulungan saja.


“Kita butuh kekuatan sinergisitas, butuh tenguyun (bersama-sama) dan senguyun (bergotong royong) mempercepat pembangunan di Kabupaten Bulungan,”harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga memerintahkan Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Badan Ketahanan Pangan, termasuk Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Untuk berperan aktif dan terlibat langsung selama pelaksanaan TMMD di Desa Seriang.

Baca Juga  Hati-hati Ambil Foto dan Video di Bilik Suara Bisa Kena Sanksi !

“Saya minta dukungan Camat Tanjung Selor, Kepala Desa Gunung Seriang dan seluruh masyarakat yang ada di Gunung Seriang. Juga turut aktif mensukseskan program ini,”pintanya.

Bupati menambahkan, bukan hanya 20 orang masyarakat saja dilibatkan dalam kegiatan TMMD ini. Harapanya seluruh masyarakat Gunung Seriang bisa terlibat secara aktif dalam kegiatan ini.

“Manfaat TMMD ini juga dirasakan langsung oleh masyarakat Desa Seriang. Jadi saya minta peran aktif seluruh masyarakat yang ada disana,”pungkasnya (dsh/red)

Bagikan

Tags

Berita Terkait