Lantik Komisaris dan Direktur Baru BUMD, Bupati: Kualitas Air dan Manajemen Layanan Harus Diperbaiki

Redaksi

DILANTIK: Bupati Bulungan Syarwani melantik komisaris dan direktur BUMD Bulungan, di ruaang Tenguyun Kantor Bupati, Selasa (30/4/2024)
DILANTIK: Bupati Bulungan Syarwani melantik komisaris dan direktur BUMD Bulungan, di ruaang Tenguyun Kantor Bupati, Selasa (30/4/2024)

Perseroda Harus Mampu Tangkap Peluang Bisnis untuk Tingkatkan PAD

BULUNGAN-TANJUNGNEWS.COM – Bupati Bulungan melakukan pelantikan komisaris serta dua direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang baru yaitu PT Bulungan Persada Mandiri (Perseroda) dan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Benuanta di Ruang Tenguyun Kantor Bupati, Selasa (30/4).

Para nahkoda baru BUMD Bulungan yang dilantik yaitu Adriani, ST, M.A.P, sebagai Komisaris PT Bulungan Persada Mandiri (Perseroda), Heru Rachmady, SH, sebagai Direktur PT Bulungan Persada Mandiri (Perseroda) serta Eldiansyah, SE, sebagai Direktur Perumda Danum Benuanta.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bulungan Syarwani S.Pd M.Si mengingatkan pada Direktur Perumda Danum Benuanta yang baru untuk meningkatkan performa layanan air bersih serta jangkauan pelayanan pada masyarakat.

Baca Juga  Dapat Catatan Pansus Tentang Tata Kelola Pasar Induk, Bupati Wacanakan Pemasangan Pagar

“Harus dipastikan manajemen kualitas air dan layanan (PDAM) harus diperbaiki serta ditingkatkan,”pesannya.
Menurutnya, selama ini dirinya banyak mendengar keluhan masyarakat dari media sosial tentang kualitas air yang kurang baik hingga kurang lancarnya aliran air.

“Seperti wilayah Selimau meski ada jaringan PDAM namun belum mendapatkan layanan air bersih. Ini yang harus kita perbaiki tata kelolanya agar pelayanan bisa maksimal,”katanya.

Seiring segera beroprasinya 2 intake PDAM yang berada di samping Jembatan Sungai Kayan dengan kapasitas 150 dan 50 liter per detik. Diharapkan dapat mencukupi kebutuhan air baku untuk Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sungai Buaya dan Seriang.

“Ini yang harus kita lakukan (pemenuhan air baku) agar produksi air bersih bisa ditingkatkan selanjutnya pengembangan layanan bisa dilakukan. Terutama bagi masyarakat Selimau, kilo 2 hingga 4 yang banyak tumbuh permukiman baru,”jelas bupati.

Baca Juga  Ketua KPU: KTP Luar Tanpa Surat Pindah Memilih Tak Boleh Mencoblos

Dengan semakin tumbuh dan berkembangnya permukiman baru, hal tersebut dapat ditangkap menjadi sebuah peluang bagi direktur PDAM yang baru. Termasuk di beberapa kecamatan seperti Sekatak, Salimbatu dan juga Tanjung Palas.


“Kita pahami bisnis Perumda Danum Benuanta ini bukan hanya soal deviden atau keuntungan semata. Tapi disisi lain harus memastikan layanan air bersih benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,”ulasnya.

Terkait diterbitkanya Peraturan Daerah (Perda) baru tentang perusahaan daerah. Jika sebelumnya Perusda Berdikari dibangun dengan dasar Perda tahun 1995. Seiring diterbitkanya regulasi baru oleh pemerintah pusat sehingga dilakukan perubahan nomenklatur dan tata kelola.

Dengan telah diterbitkan Perda yang baru bersama DPRD Bulungan menjadi dasar lahirnya Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda). Dengan perbedaan jika sebelumnya Perumda 100 persen merupakan milik Pemerintah Daerah (Pemda). Sedangkan Perseroda bisa berkolaborasi dengan sektor swasta lain untuk menjalankan usahanya.

Baca Juga  270 Orang Diangkat Jadi P3K, Bupati: Jangan Ada Pengajuan Mutasi

“Kita harapkan dengan adanya PT Bulungan Persada Mandiri ini dengan berbagai kegiatan bisnis yang dilaksanakan mampu memberikan kontribusi terhadap Pemda dalam bentuk deviden yang menjadi sumber PAD,”harapnya.

Bupati juga berpesan pada komisaris dan direktur BUMD yang baru agar dapat menangkap peluang bisnis dengan kehadiran investasi besar yang ada di Bulungan.
“Pesan saya agar dapat menangkap peluang bisnis dengan banyaknya kehadiran investasi besar di Bulungan yang tentu bermuara pada meningkatnya PAD kita,”tuntasnya. (dsh/red)

Bagikan

Tags

Berita Terkait