Anis Ambisi Jadikan BUMN Berorientasi Benefit bukan Profit

Redaksi

Calon Presiden Nomor Urut satu, Anis Rasyid Baswedan

JAKARTA -TANJUNGNEWS.COM- Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan, Anis Baswedan bicara ambisinya mengubah fungsi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ia tidak ingin korporasi negara berorientasi profit atau untung.


Menurut Anies, negara tidak boleh menjadikan BUMN sebagai ladang untuk mendulang pundi-pundi finansial, namun cukup dari pendapatan pajak.

Anies ingin mengubah konsep BUMN menjadi korporasi berorientasi benefit bukan profit. Sebab menurutnya, jika BUMN hanya fokus mencari profit, maka rentan terjadi konflik kepentingan di dalam tubuh BUMN.

Baca Juga  Prabowo Nyatakan Tak Gentar Hadapi Koruptor dan Kaum Munafik Antek Asing


“Yang namanya korporasi ini tugasnya bukan mencari profit tapi menciptakan benefit. Karena itulah dia milik negara, kalau perusahaan, badan usaha milik negara itu ditekannya untuk menghasilkan profit maka potensi conflict of interestnya besar,” kata Anies dalam acara Rakernas DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) di Hotel Vertu Harmoni, Jakarta Pusat, Jumat (10/11/2023).

Baca Juga  Thomas Lembong: Omong Kosong, Investor Sudah Ragu Sejak Awal Rencana IKN


Dia juga menyebut seharusnya proyek yang bisa dikerjakan swasta, tidak dilakukan negara.

“Negara itu mengerjakan yang sulit dikerjakan oleh swasta. Ada sektor-sektor strategis yang memang untuk kepentingan nasional yang memang dipegang oleh negara,” tutupnya.(red)


Bagikan

Tags

Berita Terkait