Butuh 4 Jam Brigdal Karhutla Padamkan Rimba Kota dari Amukan si Jago Merah

Redaksi

GERAK CEPAT: Tim Brigdal Karhutla Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kota Tarakan dibantu Korlakar wilayah timur, kepolisian dengan cepat menangani kebakaran kawasan Hutan Kota Sungai Batu Mapan, butuh waktu 4 jam untuk berhasil memadamkan api, Minggu (18/2/2024)
GERAK CEPAT: Tim Brigdal Karhutla Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kota Tarakan dibantu Korlakar wilayah timur, kepolisian dengan cepat menangani kebakaran kawasan Hutan Kota Sungai Batu Mapan, butuh waktu 4 jam untuk berhasil memadamkan api, Minggu (18/2/2024)

TARAKAN-TANJUNGNEWS.COM-  Kebakaran terjadi di kawasan Hutan Kota Sungai Batu Mapan (SBM), Minggu (18/2/2024) sore. Hutan kota atau kini disebut Rimba Kota tersebut berada di Rukun Tetangga (RT) 03 Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur.

Pengendalian kebakaran hutan dilakukan oleh tim Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brigdal Karhutla) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kota Tarakan yang dibantu Korlakar wilayah timur serta pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Tarakan Timur. Terdata kejadian kebakaran berlangsung mulai pukul 15.58 Wita.

Polisi Kehutanan Ahli Muda KPH Tarakan Romy Suprianto, yang berada di lokasi kebakaran mengatakan.

Baca Juga  Ditanya Rencana Maju Kembali di Pilkada, dr.Khairul: Masih Lama

“Sebelumnya, tim Brigdal Karhutla KPH Tarakan juga sempat menerima laporan kebakaran lahan di wilayah yang sama. Tepatnya, di depan lokasi kebakaran yang terjadi di Hutan Kota SBM ini. Kejadian tersebut, ditangani bersama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Tarakan, Korlakar, MPA Pantai Amal, dan pihak terkait lainnya,” terangnya.

MEMBAYAKAN: Gerak cepat yang dilakukan oleh tim Brigdal Karhutla KPH Tarakan dengan cepat memadamkan api sehingga tidak merembet lebih luas, yang tentu membahayakan masyarakat dan ekosistem hutan kota.

Namun, selang beberapa menit setelah kebakaran lahan milik warga tersebut berhasil dikendalikan, tim Brigdal Karhutla mendapatkan laporan kejadian kebakaran hutan di kawasan Hutan Kota SBM.

Baca Juga  Dalam Sehari KPH Tarakan, Berjibaku Padamkan 3 Titik Api di Lahan Gambut

Ya, tepat di seberang lahan warga yang sebelumnya terbakar tadi. Belum diketahui penyebabnya, namun api pada saat kejadian sangat cepat merayap karena faktor semak belukar yang kering dan angin yang cukup kencang,” jelasnya.

Pada saat kejadian, tim Brigdal Karhutla KPH Tarakan menerjunkan sejumlah perangkat bergeraknya yang berisi perangkat pemadaman mekanis dan semi mekanis.

Diantaranya, masing-masing 1 unit mobil tangki air 4000 liter, mobil pengangkut peralatan dan mobil slip on unit pemadam kebakaran.

“Pemadaman dilakukan sekitar 3-4 jam, dan tidak ada kendala di lapangan. Hanya saja, harus mengatur arus kendaraan yang melintas karena lokasi kebakaran berada di pinggir jalan menuju lokasi wisata Pantai Amal Lama. Ditambah lagi, pas akhir pekan,” ucapnya.

Baca Juga  Buaya Muara Peneror Warga Berau, Berhasil Dievakuasi BKSDA dan KPH Tarakan

Dari kalkulasi sementara, luas kebakaran pada Hutan Kota SBM tersebut mencapai 2 hektare lebih.

Sementara itu, Kepala UPTD KPH Kota Tarakan, Ridwanto Suma dalam arahannya kepada tim Brigdal Karhutla KPH Tarakan menyampaikan agar personel yang terjun dalam penanganan karhutla untuk selalu kompak dan eksis dalam memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

“Saya memberikan apresiasi atas kesigapan tim Brigdal Karhutla KPH Tarakan. Semangat dan sehat selalu,” pesanya.(*/tim/dsh/red)

Bagikan

Tags

Berita Terkait