Susun RPJPD 20 Tahun, Bulungan Bakal Jadi Pusat Rujukan se- Kalimantan

Redaksi

MUSRENBANG: Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd.M.Si saat membuka Musrenbang, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Bulungan 2025 - 2045 di Ruang Tenguyun Kantor Bupati belum lama ini.
MUSRENBANG: Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd.M.Si saat membuka Musrenbang, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Bulungan 2025 - 2045 di Ruang Tenguyun Kantor Bupati belum lama ini.

BULUNGAN-TANJUNGNEWS.COM– Pemerintah Kabupaten Bulungan melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bulungan 2025 – 2045 di Ruang Tenguyun Kantor Bupati, Kamis (16/5/2025).

Penyusunan RPJPD Kabupaten Bulungan untuk 20 tahun kedepan tersebut, mengusung tema “Mewujudkan Kabupaten Bulungan Sebagai Pusat Pertumbuhan Berkelanjutan dengan Didukung Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul dan Berdaya Saing.

Kegiatan yang dihadiri oleh jajaran pimpinan perangkat daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Forkopimda, akademisi, tim percepatan pembangunan termasuk mitra strategis Kabupaten Bulungan.

Membuka kegiatan tersebut, Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd.M.Si mengatakan, kegiatan ini sebagai pedoman untuk memberikan arah pembangunan terhadap kebijakan dan strategi pembangunan jangka panjang daerah tahun 2025 hingga 2045.

Baca Juga  Keren ! SMAN 2 Tana Tidung Wakili Lomba Tingkat Nasional

“Melalui kegiatan ini bagaimana kita menyusun masa depan pembangunan Bulungan 20 tahun kedepan. Merekayasa untuk memajukan dan menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat Bulungan,”terangnya.

“Meskipun nantinya dalam 20 tahun kedepan, kita tidak dapat menyaksikan atau menikmati hasil pembangunan yang direncanakan. Hal tersebut menjadi warisan yang baik dan menjadi titipan amal jariyah bagi anak cucu kita,”sambungnya seraya mengatakan tema tersebut selaras dengan kondisi Kabupaten Bulungan saat ini di mana Tanjung Selor sebagai pusat pemerinrahan Provinsi Kalimantan Utara.

Baca Juga  Pekan Olahraga Daerah, Bupati Harap Jurnalis Bulungan Boyong Medali

Termasuk di wilayah Kabupaten Bulungan saat ini terdapat beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) berskala besar.

Salah satunya KIPI Tanah Kuning, hingga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar se-Asia Tenggara yang akan dibangun di Hulu Sungai Kayan, dengan kapasitas mencapai 9.000 megawatt (MW).

Selain itu, Bulungan juga ditunjuk pemerintah pusat menjadi salah satu wilayah penyangga pangan untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur(Kaltim).

Penyusunan RPJPD berpedoman pada Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, RPJPD bersifat visioner dan memuat hal-hal mendasar sehingga memberi keleluasaan yag cukup bagi penyusunan rencana jangka menengah dan panjang.

Baca Juga  Diresmikan Presiden Joko Widodo, RS Abdul Rais Fatah Korem Butuh 101 Nakes

“Musrenbang ini harus selaras dengan program yang telah disusun oleh pemerintah pusat,”terang bupati.

Bupati menambahkan, mimpi besar Bulungan 20 tahun kedepan bagaimana wilayah ini menjadi pusat pertumbuhan yang berkesinambungan di Kalimantan secara umum.

“Merupakan cita-cita besar kita bersama. Dalam berbagai forum selalu saya sampaikan pada teman-teman perangkat daerah. Kita harus bisa menjadi pusat dalam berbagai hal, baik dibidang pendidikan, kesehatan maupun pertumbuhan ekonomi, kita harus mampu melangkah lebih maju agar menjadi rujukan wilayah lain bahkan dalam regional Kalimantan,”tuntasya (dsh/red)

Bagikan

Tags

Berita Terkait