Akses Jalan Sabanar Hingga Cendana Perlahan Ditingkatkan

Redaksi

DITINGKATKAN: Jalan Sabanar Lama yang selama ini dikeluhkan masyarakat sudah mulai dibenahi secara bertahap.
DITINGKATKAN: Jalan Sabanar Lama yang selama ini dikeluhkan masyarakat sudah mulai dibenahi secara bertahap.

BULUNGAN- Tanjungnews.com – Selain peningkatan ruas jalan dan jembatan di wilayah terjauh dari pusat perkotaan ruas jalan di seputaran Tanjung Selor juga mulai ditingkatkan secara bertahap baik melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daera (APBD) Kabupaten Bulungan murni, maupun perubahan.

Bupati Bulungan, Syarwani S.Pd M.Si saat meninjau proses pengerjaan peningkatan badan jalan dan jembatan, Minggu 12 November 2023 mengatakan.
Ada beberapa ruas jalan diseputaran kota yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan, salah satunya badan jalan Sabanar Lama yang tahun ini dikerjakan sepanjang 477 meter menggunakan APBD perubahan senilai Rp 1,6 Miliar.

Baca Juga  Belajar dari Malaysia, Integrasikan Perkebunan Sawit dan Peternakan Sapi

“Jalan Sabanar Lama selama ini menjadi keluhan masyarakat, sehingga dari arah Pelabuhan Kayan 2 menuju Sabanar perlu penanganan cepat. Sehingga dilakukan peningkatan tahun ini secara bertahap,”ungkapnya.

Sedangkan, sisanya sepanjang 600 meter dengan estimasi kebutuhan anggaran sekitar Rp 2 Miliar akan dimasukan pada perencanaan anggaran murni 2024.
“Jadi ada beberapa spot yang masih bagus bisa kita lewati, sedangkan yang rusak parah kami lakukan perbaikan. Semantara ini masih proses penghamparan material sebelum dilakukan pengaspalan pada tahap selanjutnya,”jelasnya.

Baca Juga  Kembali Terpilih Jadi Komisioner, Hariyadi Hamid Duduki Posisi Ketua KPU Kaltara

Termasuk, kata bupati, penanganan ruas jalan persimpangan Sabanar hingga ke Yayasan Pendidikan Al – Anshar tembus ke Jalan Padaelok menggunakan APBD murni 2023. Tinggal ditingkatkan konstruksinya menjadi aspal pada perencanaan anggaran murni 2024 mendatang.
“Masa kontrak pengerjaan ruas jalan ini hingga 31 Desember, insya allah sebelum itu sudah selesai,”tambahnya.

Sedangkan pengerjaan jalan poros Cendana yang merupakan jalan koneksi yang lebih singkat bagi masyarakat Sabanar Baru. Menuju arah Jalan Sengkawit maupun Pasar Induk.
Ruas jalan ini merupakan jalan lama namun yang menjadi kendala saat ini belum terbangunya jembatan yang bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.
“Kita upayakan prioritas melalui anggaran murni 2023 dilakukan pembangunan jembatan hingga peningkatan konstruksi jalan menjadi aspal secara bertahap,”kata bupati saat berada di lokasi pembangunan Jembatan Jalan Cendana.

Baca Juga  Bulungan Komitmen Merawat Masyarakat Multikultur

Bupati menambahkan, dengan ditingkatkanya ruas jalan Cendana termasuk jembatanya, akan memperpendek jarak masyarakat untuk mengakses pusat perekonomianya. Tanpa harus melalui jalan poros sepanjang Tepian Sungai Kayan untuk menuju Pasar Induk atau pusat perekonomian lain.(dsh/red)

Bagikan

Berita Terkait