UKT Makin Mencekik, UM Maumere Justru Bolehkan Mahasiswa Bayar Kuliah Pakai Kelapa dan Pisang

Redaksi

ilustrasi (int)
ilustrasi (int)

TANJUNGNEWS.COM- Saat banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menaikkan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) beberapa tahun terakhir, Universitas Muhammadiyah Maumere (Unimof) justru berupaya mencari siasat agar bisa meringankan biaya kuliah mahasiswa.

Salah satu langkah konkretnya yang dilakukan sejak 2018 silam saat statusnya masih berbentuk IKIP Muhammadiyah Maumere.

Berbeda dengan kebanyakan kampus lain, sejak berdiri pada 2013 silam, perguruan tinggi Muhammadiyah ini menerapkan kebijakan biaya angsuran kuliah tiga kali dalam satu semester. Sebelum mulai kuliah, saat Ujian Tengah Semester (UTS), dan pada saat Ujian Akhir Semester (UAS).

Dikutip dari akun media sosial bangga_menjadi_muslim, Rektor UM Maumere Erwin Prasetyo, ST., M.Pd bercerita pada 2018 ada seorang mahasiswi yang mengeluh tak mampu membayar biaya semesteran.

Baca Juga  PKS Tolak IKN Pindah ke Kaltim

Mahasiswi itu mendatanginya dan mengungkapkan bahwa keluarganya sedang mengalami keterbatasan uang tunai.

Datang dari keluarga petani, mahasiswi itu mengaku banyak hasil panen kebun yang sedang sulit terjual.

“Setelah saya tanya dia bilang punya pisang dan kelapa cukup banyak di rumah,” kata Erwin.

Ia pun diskusi bersama beberapa pengambil kebijakan di kampus Muhammadiyah ini tentang mekanisme pembayaran kuliah dengan hasil bumi. Akhirnya, keputusan diambil dari rektor mengarahkan mahasiswi itu untuk membawa hasil kebun itu ke kampus.

“Kebetulan rumah dia cukup jauh. Sekitar 35 kilometer dari kampus. Dia datang menggunakan truk membawa pisang dan kelapanya,” kenang rektor.

Ketika datang, rektor bersama timnya lalu mengumpulkan dan membantu menjualkan hasil bumi itu kepada civitas akademika di UM Maumere. Di luar dugaan, ternyata kampus justru bisa membantu memasarkan barang dengan harga yang layak itu sehingga hasilnya bisa untuk membayar kuliah.(dsh/red)

Baca Juga  Dirjen Otda Tanggapi Hasil Kajian 70 Persen Warga Berau Mau Gabung Kaltara

by @ilham_nugroho120

Bagikan

Tags

Berita Terkait