Tahun ini Pemkab Bulungan Target 2.233 Rumah Tangga Terlayani Air Bersih

Redaksi

BULUNGAN-TANJUNGNEWS.COM- Pemerataan layanan air bersih bagi masyarakat menjadi upaya serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan. Salah satunya dengan meningkatkan kapasitas Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) yang dapat mengcover wilayah pemukiman masyarakat, seperti Gunung Seriang, kilometer 2, Selimau 3 bahkan perumahan kilo 4 dan sekitarnya.

“Insya Allah dengan penambahan kapasitas mesin 50 liter per detik tidak ada lagi keterbatasan yang berkaitan dengan kapasitas air,”kata Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si.

Dari data Perumda Air Minum Danum Benuanta Tahun 2023, jumlah Sambungan Rumah (SR) telah mencapai 17.141. Dengan rincian unit Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tanjung Selor mencapai 9.758 SR.

Baca Juga  Kapasitas Sandar Kapal TPI Sabanar Perlahan Ditingkatkan

Unit SPAM Jelarai 3.030 SR, unit SPAM Bumi Rahayu 505 SR, unit IPA Tanjung Palas 2.245 SR. Unit IPA Salimbatu 437 SR, unit IPA Pulau Bunyu 660 SR, unit IPA Sekatak 506 SR.

Sedangkan rencana penambahan SR Perumda Air Minum Danum Benuanta Tahun 2024 melalui program inpres percepatan layanan air minum mencapai 2.233 SR.

Baca Juga  Gelar Lomba Kreativitas Komunitas Belajar, Bupati: Guru Harus Melek Teknologi

Dengan rincian unit IPA Gunung Seriang 547 SR, unit kilometer 12 sebanyak 763 SR, unit IPA Bumi Rahayu 257 SR, unit IPA Tanjung Palas 160 SR, unit IPA Sekatak 506 SR.

Syarwani mengungkapkan telah menugaskan Direktur PDAM termasuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bulungan untuk meningkatkan pelayanan di wilayah yang belum maksimal terlayani sambungan air bersih.


“Saya sudah tugaskan pada direktur PDAM, termasuk teman teman di DPUPR untuk bisa menjangkau sampai ke wilayah Selimau 3 dan wilayah terjauh lainya secara bertahap,”terangnya.

Baca Juga  Bupati Ajak Sukseskan Pemilu dan Jangan Termakan Isu Hoak di Medsos

Upaya serius Pemkab Bulungan meningkatkan jangkauan layanan air bersih dengan melakukan penambahan infrastruktur pendukung, dalam upaya meningkatkan produksi air bersih, termasuk kualitas air yang dihasilkan.


“Memang kendala kita selama ini berkaitan dengan kapasitas kemampuan untuk menghasilkan air bersih yang masih belum maksimal. Mudah – mudahan dengan yang kita lakukan tahun ini bisa memenuhi harapan dalam upaya peningkatan jangkauan layanan air bersih,”tuntasnya. (dsh/red)

Bagikan

Tags

Berita Terkait