Indonesia Evakuasi 4 WNI dari Gaza ke Kairo

admin

Menlu Retno LP Marsudi memberikan keterangan pers mengenai evakuasi WNI dari Gaza, Jumat (03/11/2023). (Foto: Tangkapan Layar)
Menlu Retno LP Marsudi memberikan keterangan pers mengenai evakuasi WNI dari Gaza, Jumat (03/11/2023). (Foto: Tangkapan Layar)

Tanjungnews.co – Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi empat warga negara Indonesia (WNI) dari jalur Gaza ke Kairo, Mesir, pada 2 November 2023. Keempat WNI tersebut adalah Abdillah Onim beserta 3 anak, dan istri yang merupakan warga negara Palestina.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengatakan bahwa evakuasi ini dilakukan dengan sangat hati-hati karena situasi di Gaza yang masih tidak kondusif.

Baca Juga  Dianggap Langgar Statuta, Kemendikbudristek  Lakukan Investigasi Rektor Unsrat Manado

“Evakuasi ini dilakukan secara bertahap dan hati-hati karena situasi di Gaza masih tidak kondusif,” ujar Retno dalam pernyataan persnya, Jumat (03/11/2023).

Retno menjelaskan, upaya evakuasi pertama dilakukan pada 1 November 2023, namun gagal karena situasi di sepanjang jalan tidak memungkinkan.

“Pada tanggal 2 November, evakuasi dicoba kembali, dan alhamdulillah berhasil. Empat WNI dan 1 istri WNI sudah berhasil dievakuasi,” ujarnya.

Baca Juga  Fantastis 2 Minggu Donasi untuk Palestina Terkumpul Rp 50 Milir di Singapura

Setelah tiba di Kairo, para WNI tersebut akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan akan dipulangkan ke Indonesia.

Selain keempat WNI tersebut, pemerintah juga terus berupaya untuk dapat mengevakuasi satu keluarga WNI lainnya yang terdiri dari 3 WNI dan 1 istri WNI yang merupakan warga negara Palestina.

“Kita berusaha menggunakan semua networking kita untuk membantu proses [evakuasi] yang rumit ini. Kita terus berkomunikasi dengan keluarga WNI yang hari ini akan kita coba lagi untuk kita evakuasi keluar dari Gaza,” tandas Menlu.

Baca Juga  Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Bagikan

Berita Terkait

Tinggalkan komentar