Bupati Ajak ASN dan Masyarakat Bulungan Bayar Zakat Fitrah Melaui Baznas

Redaksi

BAYAR ZAKAT: Bupati Bulungan bersama jajaran perangkat daerah saat membayarkan zakat fitrah pada kegiatan Bulungan Berzakat, bertempat di Ruang Tenguyun Kantor Bupati Bulungan.
BAYAR ZAKAT: Bupati Bulungan bersama jajaran perangkat daerah saat membayarkan zakat fitrah pada kegiatan Bulungan Berzakat, bertempat di Ruang Tenguyun Kantor Bupati Bulungan.

BULUNGAN-TANJUNGNEWS.COM – Bupati Bulungan Syarwani.,S.Pd.,M.Si mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) serta masyarakat Bulungan yang beragama muslim untuk membayar zakat fitrah melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulungan.

Hal tersebut disampaikan saat membuka kegiatan Bulungan Berzakat Ramadan 1445 Hijriah di Ruang Tenguyun Kantor Bupati Bulungan, Selasa (26/3).

Bupati mengapresiasi terselenggaranya acara ini melalui Bulungan Berzakat, diharapakan ASN dapat memahami pentingnya zakat, infaq dan sedekah untuk kesejahteraan umat.

Baca Juga  Safari Ramadan 1445 Hijriah di Kecamatan Sekatak, Bupati Serahkan Bantuan Perikanan, Hibah dan BLT

“Apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan Bulungan Berzakat Ramadhan 1445 Hijriah yang kita laksanakan hari ini. Tentu ini menjadi agenda penting setiap bulan suci Ramadhan,”ungkapnya.

Dirinya berharap kegiatan Bulungan Berzakat menjadi sarana memperkuat silaturahmi antar lembaga, antara Pemerintah Daerah (Pemda) dan kelembagaan lain dalam upaya menghadirkan pembangunan dari segala aspek kehidupan masyarakat Bulungan secara umum.

“Kegiatan ini sebagai wujud sinergisitas antar kelembagaan pemangku kebijakan di Bulungan untuk hadir di tengah masyarakat,”katanya.

Pemkab Bulungan selama ini berkomitmen memberi dukungan serta perhatian terhadap kelembagaan termasuk Baznas. Bahkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bulungan 2024 Pemda Bulungan telah mengalokasikan bantuan hibah dalam bentuk uang senilai Rp 31 Miliar.

Baca Juga  Capaian SPM Bulungan Tahun 2023 Tertinggi se-Kaltara

“Insya Allah dalam waktu dekat Pemkab Bulungan akan mengalokasikan kembali melalui bagian kesra sekitar Rp 415 juta. Yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan termasuk di dalamnya santuanan untuk anak yatim piatu,”jelasnya.

Melalui kegiatan Bulungan berzakat dirinya, sudah menyampaikan secara resmi pada seluruh perangkat daerah. Maupun pelaku usaha untuk bersama menyalurkan zakat fitrah maupun zakat maal (zakat harta) melalui Baznas Bulungan.

Baca Juga  Pantau Mudik Nataru, Bupati : Jaga Keselamatan Penumpang

“Insya Allah masih ada waktu 15 hari kedepan, kita terus mendorong dan mengingatkan teman-teman perangkat daerah termasuk ASN, masyarakat dan pelaku usaha untuk segera menunaikan zakatnya,”ulasnya.

Karena menurut bupati, keberhasilan pembangunan bukan hanya diukur dari capaian fisik saja. Pembangunan sosial kemasyarakatan termasuk membantu ekonomi kaum dhuafa melalui pengumpulan dana zakat menjadi sangat penting dan kewajiban bagi umat islam.


“Pembangunan tidak bisa hanya diukur dari capaian fisik. Pembangunan sosial kemasyarakatan termasuk pembangunan ekonomi. Melalui Baznas menjadi perantara kita menitipkan amanah zakat untuk masyarakat yang berhak menerima,”pungkasnya. (adv/dsh)

Bagikan

Berita Terkait