90 Jamaah Haji Bulungan Tiba dengan Selamat, Satu Orang Tertahan Karena Sakit

Redaksi

JAMAAH HAJI: Bupati Bulungan saat menjemput puluhan rombongan jamaah haji Bulungan di Dermaga Pelabuhan VIP Tanjung Selor, Jumat (5/7/2024)
JAMAAH HAJI: Bupati Bulungan saat menjemput puluhan rombongan jamaah haji Bulungan di Dermaga Pelabuhan VIP Tanjung Selor, Jumat (5/7/2024)

TANJUNGNEWS.COM – Sebanyak 90 jamaah haji asal Kabupaten Bulungan yang tergabung dalam kloter 7 Embarkasi Balikpapan  tiba dengan selamat di Pelabuhan VIP Tanjung Selor, Jumat (5/7/2024).

Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd.M.Si menyambut secara langsung rombongan jamaah haji Bulungan tersebut, mengatakan, ada satu orang jamaah haji asal Tanjung Palas Utara belum bisa dipulangkan masih menjalani perawatan kesehatan di Madinah Arab Saudi.

“Kami akan terus melakukan pemantauan untuk kesehatan jamaah haji tersebut. Kita doakan yang bersangkutan semoga segera diberikan kesembuhan dan bisa kembali berkumpul bersama keluarganya,” kata bupati.

Baca Juga  Tangani Cepat Kerusakan Jalan, PUPR Bulugan Gunakan Metode Aspal Dingin

Secara keseluruhan, jamaah haji Bulungan sebanyak 93 orang. Dengan rincian, 92 orang masuk kloter 7 dan 1 jemaah masuk dalam kloter 6. Namun, tidak semua jamaah haji asal Bulungan melalui Pelabuhan Kayan I Tanjung Selor, karena ada 16 jamaah asal Kecamatan Bunyu langsung ke kampung halamannya.

“Dari Tarakan, mereka (jamaah haji Bunyu) langsung ke Bunyu,” jelasnya.

Ratusan orang nampak memadati Masjid Agung Istiqomah Tanjung Selor untuk menjemput keluarganya yang baru tiba dari tanah suci.

Baca Juga  Kaltara Siapkan Kebutuhan Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2024

Meski demikian, Pemda Bulungan sangat memahami kondisi jamaah haji yang sangat kelelahan selama perjalanan dari Jeddah ke Embarkasi Balikpapan membutuhkan waktu cukup panjang.

“Jadi, oleh panitia jamaah haji asal Bunyu dari Tarakan diarahkan langsung ke Bunyu,” kata bupati.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Haji dan Bimas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), H Muhammad Saleh membenarkan bahwa satu jamaah haji asal Bulungan atas nama Jaenah Ropi masih tertahan di Arab Saudi, karena masih menjalani perawatan medis.

Baca Juga  Program TAKE Bulungan Hijau, Wujudkan Desa Inovatif Manfaatkan Potensi Lokal

“Sebelumnya, ada tiga jamaah asal Kaltara yang menjalani perawatan di rumah sakit. Tetapi, dua jamaah sudah dinyatakan pulih,” bebernya.

Dijelaskan, tahun ini tercatat ada tiga jamaah haji asal Kaltara yang meninggal dunia, dua jamaah meninggal di Arab Saudi. Sementara, satu jamaah meninggal saat pejalanan menuju Emberkasi Balikpapan.

“Dua jamaah haji yang meninggal di Arab Saudi merupakan jamaah haji asal Bulungan. Sementara, satu jamaah asal Tarakan,” tutupnya (dsh/red)

Bagikan

Tags

Berita Terkait